Mengapa Mainboard Gigabyte H110M S2PH tidak support RAM DDR4 PC3200?

Mainboard Gigabyte H110M tidak support RAM DDR4 PC3200

Baru-baru ini kami mengalami sebuah kejadian mistis, yakni mainboard Gigabyte H110M S2PH tidak mendukung RAM DDR4 PC3200. Indikasinya adalah tidak keluar tampilan sama sekali.

Setelah ditelusuri, mainboard Gigabyte H110M S2PH ternyata hanya mendukung ram dengan kccepatan maksimal PC2133.

Mainboard Gigabyte H110M-S2PH memang tidak secara resmi mendukung RAM DDR4 PC3200 (atau setara dengan kecepatan 3200 MHz).

Hal ini karena spesifikasi resmi motherboard tersebut hanya menyebutkan dukungan untuk RAM DDR4 dengan kecepatan hingga 2133 MHz.

Ada beberapa kemungkinan kenapa RAM DDR4 PC3200 tidak cocok dengan motherboard tersebut:

  1. Ketidakcocokan kecepatan: Motherboard mungkin secara otomatis menurunkan kecepatan RAM ke batas maksimum yang didukung, yaitu 2133 MHz. Hal ini tentunya akan mengurangi performa RAM tersebut.
  2. Ketidakstabilan sistem: Dalam beberapa kasus, menggunakan RAM dengan kecepatan melebihi batas yang didukung motherboard bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem, seperti komputer sering restart atau mengalami BSOD (Blue Screen of Death).
  3. Tidak terdeteksi sama sekali: Ada kemungkinan RAM tersebut tidak terdeteksi sama sekali oleh motherboard.

Meskipun demikian, ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa RAM DDR4 PC3200 bisa berjalan dengan baik di motherboard Gigabyte H110M-S2PH. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • BIOS terbaru: Gigabyte mungkin telah merilis update BIOS terbaru yang meningkatkan dukungan untuk RAM dengan kecepatan lebih tinggi.
  • Kualitas RAM: Kualitas RAM yang baik mungkin lebih kompatibel dengan motherboard, meskipun kecepatannya melebihi batas yang didukung.
  • Keberuntungan: Terkadang, ketidakcocokan hardware bisa terjadi meskipun secara spesifikasi seharusnya kompatibel.

Apa yang sebaiknya dilakukan?

Jika sudah terlanjur membeli RAM DDR4 PC3200, silahkan bisa mencoba memasangnya ke motherboard Gigabyte H110M-S2PH-mu. Pastikan terlebih dahulu sudah update BIOS ke versi terbaru.

  • Jika RAM terdeteksi dan berjalan stabil: Kamu bisa menggunakannya meskipun mungkin kecepatannya dibatasi dan menurun menjadi 2133 MHz.
  • Jika RAM terdeteksi tapi tidak stabil: Kamu bisa mencoba menurunkan kecepatan RAM secara manual di BIOS.
  • Jika RAM tidak terdeteksi sama sekali: Kamu harus mengembalikan RAM tersebut dan menggantinya dengan RAM yang dijamin kompatibel dengan motherboar-mu, yaitu RAM DDR4 dengan kecepatan maksimal 2133 MHz dan 2666 MHz (masih bisa).

Sebagai saran, sebaiknya Kamu membeli RAM yang secara resmi didukung oleh motherboard-mu untuk menghindari masalah kompatibilitas. Kamu bisa melihat informasi mengenai RAM yang kompatibel di website resmi Gigabyte untuk motherboard H110M-S2PH: https://www.gigabyte.com/Motherboard/GA-H110M-S2PH-rev-10

Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *