Review Printer Epson Multifungsi L3210, Printer Epson Terbaik Pengganti L3110

Epson selalu menghadirkan inovasi terbarunya, untuk lebih memudahkan para penggunanya. Salah satunya dengan printer Epson multifungsi 3210 ini yang merupakan printer pengganti dari L3110, yang telah melalui proses upgrade.

Apa saja keunggulan dari printer ini? Apakah ada spesifikasi yang sama dengan yang dimiliki oleh printer Epson sebelumnya? Maka dari itu, cari tahu yuk, jawabannya berikut ini. Disimak baik-baik, ya!

Jual Epson L3210 New EcoTank - Gombong Kebumen

Apa yang Membedakan Printer Epson Multifungsi L3210 dengan Printer Epson L3110?

Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa printer Epson terbaru ini dinamakan L3210. Sementara pendahulunya dikenal dengan nama printer Epson L3110. Meskipun telah melalui proses upgrade, pihak Epson sengaja masih menerapkan beberapa komponen dan spesifikasi yang sama dengan printer sebelumnya.

Namun di bagian lain, untuk menunjukkan bahwa printer yang satu ini memang merupakan printer Epson terbaru, maka pihak Epson menyematkan beberapa fitur terbarunya. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, bisa Anda simak dalam pembahasan di bawah ini. Diantaranya :

1. Beberapa Fitur Printer L3210 yang Sama dengan Epson L3110

Beberapa fitur pada printer Epson multifungsi L3110 memang sengaja disematkan pada printer Epson edisi terbaru ini. Hal ini dimungkinkan, agar pengguna printer Epson L3110 tidak merasa canggung, ataupun harus melakukan adaptasi lagi, bilamana menggunakan printer Epson terbaru ini.

Beberapa fitur yang dimaksud yaitu,

  • Menggunakan jenis tinta yang sama, yaitu tinta 003, dengan warna Magenta, Black, Cyan, serta Yellow
  • Fitur dan fungsi all in one, dengan kemampuan untuk melakukan print, scan hingga copy
  • Fitur desain yang sama
  • Menggunakan kabel USB 2.0
  • Sama-sama berukuran minimalis, dengan berat tak lebih dari 9 kg

2. Fitur dan Spesifikasi Terbaru Pada Printer Epson L3210

Karena printer Epson ini merupakan printer terbaru, yang diluncurkan sebagai pengganti dari printer Epson L3110. Maka jelas, akan ada beberapa fitur yang sebelumnya belum ada pada printer L3110. Apa saja fitur-fitur terbaru tersebut? Ini dia beberapa diantaranya :

  • Fitur pengisian tinta yang lebih hemat
  • Fitur kecepatan cetak
  • Resolusi cetak, dan yang lainnya

Untuk fitur-fitur terbaru yang ada pada printer dengan tipe L3210 ini akan dibahas dalam pembahasan tersendiri. Karena secara tidak langsung, fitur-fitur tersebut telah menjadi keunggulan dari printer Epson untuk tipe L3210 ini.

 

Keunggulan dari Printer Epson Tipe L3210

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fitur-fitur terbaru yang disematkan pada printer dengan tipe L3210 ini, secara tidak langsung telah menjadi keunggulan tersendiri bagi printer dengan ukuran sekitar 48cm x 45cm x 28cm ini.

Adapun beberapa keunggulan tersebut diantaranya :

1. Lebih Hemat Tinta

Keunggulan yang pertama dari Epson L3210 ini yaitu printer ini lebih hemat tinta. Hal ini dikarenakan, printer ini telah dilengkapi dengan tangki (tank) pengisian tinta. Sehingga Anda hanya perlu membeli refill tintanya saja.

2. Cocok Digunakan pada Area Perkantoran Maupun Bisnis Rumahan

Hal ini dikarenakan, printer jenis ini lebih hemat tinta, serta tidak membutuhkan sistem pengoperasian yang rumit. Belum lagi dengan kapasitas cetak yang bisa digunakan dalam jumlah banyak.

3. Kecepatan Cetak dengan Kemampuan Tinggi

Printer Epson dengan tipe L3210 ini dilengkapi dengan fitur cetak dengan kecepatan tinggi. Bahkan jauh lebih cepat dari printer Epson sebelumnya, yaitu Epson L3110. Dimana untuk kecepatan cetak pada printer L3210 ini yaitu sekitar 10 ipm,

Kecepatan cetak tersebut berlaku untuk proses pencetakan dengan tinta warna hitam (black), dengan kapasitas sekitar 10 lembar per menit.Sementara untuk tinta berwarna (colour), kecepatan cetak yang dimilikinya, yaitu sekitar 5 ipm, atau sekitar 5 lembar dalam setiap menitnya.

4. Bisa Mencetak Dokumen dalam Jumlah Banyak

Dengan kemampuan cetak yang terbilang cepat tersebut, memungkinkan printer L3210 ini bisa mencetak dokumen dengan jumlah yang banyak. Sejauh ini bisa dibuktikan, bahwa printer Epson dengan tipe ini mampu mencetak dokumen hingga 4.500 lembar, untuk tinta warna hitam (black), serta kapasitas hingga 7.500 lembar, untuk tinta berwarna (colour).

5. Resolusi Cetak Dengan Kualitas Terbaik

Keunggulan lainnya dari printer Epson yang satu ini, yaitu resolusi cetak yang dimiliki terbilang cukup tinggi. Dengan kualitas gambar yang dihasilkan, membuat printer ini sangat cocok untuk mencetak gambar, yang terkesan nyata. Hal ini dikarenakan, resolusi yang dimiliki oleh printer ini bisa dibilang terbaik. Dimana resolusi cetak yang dimiliki yaitu sekitar 5.760 x 1.440 dpi.

6. Menangani Pencetakan Dokumen A4 dengan Berbagai Spesifikasi

Meskipun printer ini hanya bisa digunakan untuk pencetakan dokumen, yang meliputi scan, print dan copy dengan tipe A4 saja. Namun proses pencetakan ini meliputi beberapa spesifikasi, seperti :

  • Kecepatan pencetakan hingga 11 detik, untuk scan A4 yang didukung oleh flatbed. Dengan ketentuan ukuran scan area yaitu sekitar 216 mm x 297 mm
  • Bisa digunakan untuk input kertas photo premium glossy untuk ukuran A4, dengan kapasitas 20 lembar
  • Sementara untuk ukuran kertas biasa dengan ukuran A4, hasil pencetakan bisa mencapai 100 lembar. Dengan ketentuan berat kertas yaitu sekitar 80 gram/m²
  • Mendukung pencetakan tanpa tepi. Dengan ketentuan ukuran print sekitar 215,9mm x 1.200mm, dengan ukuran A4

7. Mendukung Beberapa Sistem Operasi Sekaligus

Epson L3210 mendukung beberapa komputer/PC dengan sistem operasi Windows XPR, Windows XP professional, Windows Vista, hingga Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10. Bukan itu saja, printer dengan tipe L3210 ini juga bisa digunakan untuk berbagai perangkat komputer dengan sistem operasi Windows Server 2003, 2008, 2012, 2016, serta Windows 2009, dan juga Mac OS.

8. Memiliki Berat dan Ukuran Minimalis

Printer Epson dengan tipe L3210 ini terbilang minimalis, sehingga Anda bisa meletakkannya dimana saja, tanpa harus memenuhi tempat. Bahkan, dengan berat sekitar 9kg, membuat printer ini bisa Anda bawa sendiri, bilamana Anda ingin memindahkannya. Sementara untuk ukurannya, printer ini memiliki dimensi sekitar 48cm x 45cm x 28cm.

9. Memiliki Sistem Ecofit

Pengertian dari sistem ecofit ini yaitu dimana proses pencetakan dan pembuatan tinta printer bisa dilakukan dengan mudah, oleh siapapun. Bahkan saking mudahnya, proses pembuatan tinta ini dijamin terbebas dari kesalahan pengisian.

 

Harga dan Spesifikasi Printer Epson Tipe L3210

Saat ini, harga printer dari Epson dengan tipe L3210 ini dijual dari mulai harga Rp 2.440.000,- hingga Rp 2.750.000,-. Harga tersebut sudah termasuk 1 unit printer Epson untuk tipe L3210 serta 1 kabel USB dengan tipe 2.0.

Sementara untuk spesifikasinya, sebenarnya telah disebutkan dalam pembahasan sebelumnya. Hanya saja, disini akan diberikan penjelasan mengenai spesifikasi lainnya dari printer terbaru dari Epson ini.

Salah satunya yaitu printer ini dijual dengan kode produk MTA-27087089 serta kode SKU PRT-60028-02385. Bukan itu saja, printer dengan tipe inkjet ini juga merupakan printer yang diproduksi Epson, yang banyak digunakan oleh para mahasiswa dan juga pelajar.

Dimana mahasiswa dan juga pelajar ini terbiasa mengerjakan pembuatan makalah, proposal, hingga jurnal, yang menghabiskan lembaran kertas dalam jumlah banyak. Hal ini memang dikaitkan dengan kecepatan pencetakan dokumen yang dimiliki oleh printer ini. Sehingga memungkinkan proses print, copy dan juga scan bisa dilakukan untuk ribuan lembar kertas sekalipun.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Printer Terbaik

Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan, bahwa dalam memilih printer terbaik, Anda harus mengedepankan hal-hal berikut ini. Diantaranya :

1.Kecepatan Pencetakan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih printer terbaik yaitu mengenai kecepatan pencetakan. Hal ini dikarenakan, kecepatan pencetakan yang tinggi, tentunya akan menghasilkan kualitas cetak dalam jumlah banyak.

Sehingga bisa memudahkan pekerjaan. Sebaliknya, dengan kecepatan pencetakan dengan kualitas yang rendah, tentunya hal ini akan membuat pekerjaan Anda, yang berhubungan dengan hasil cetakan/print menjadi terhambat.

2. Resolusi yang Tinggi

Selain kecepatan pencetakan yang harus diperhatikan, resolusi kualitas cetakan yang dihasilkan juga haruslah memiliki kualitas terbaik. Karena apa gunanya, jika menghasilkan cetakan ataupun hasil print yang banyak, jika hasil cetakan/print tersebut tidak bisa terlihat/terbaca.

3. Penggunaan Tinta

Satu hal yang tak kalah pentingnya dalam memilih printer terbaik yaitu dengan mencari tahu berapa banyak penggunaan tinta yang diperlukan oleh printer tersebut. Bukan itu saja, Anda juga harus mencari tahu bagaimana cara pengisian tintanya, apakah mudah dilakukan ataukah sulit.

Hal ini penting dilakukan, agar Anda bisa memilih printer dengan penggunaan tinta yang tidak terlalu boros, serta proses pengisian yang mudah, yang bisa Anda lakukan sendiri. Karena dengan penggunaan tinta yang terbilang boros, tentunya hal ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih besar, bukan?

4. Pilih Printer yang Mendukung Banyak Sistem Operasi

Ciri-ciri printer terbaik adalah yang mendukung banyak sistem operasi. Jadi bisa dikatakan, printer terbaik bukan hanya yang bisa digunakan untuk salah satu sistem operasi komputer saja. Misalnya untuk Windows saja, Mac OS saja, dan yang lainnya. Namun printer terbaik, biasanya akan bisa digunakan untuk beberapa perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda.

5. Harga yang Terjangkau

Meskipun memang tidak bisa dipungkiri, bahwa sebagian besar printer yang dijual dengan harga mahal, bisa dipastikan kualitas yang diberikan terbilang terbaik. Namun jika dengan kualitas terbaik yang dimiliki tersebut, ternyata ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Maka mana mungkin Anda akan melewatkannya, bukan?

Dari poin-poin diatas, kiranya hal tersebut telah menggambarkan printer Epson dengan tipe L3210 ini secara keseluruhan. Karena memang hingga saat ini, belum ada lagi kiranya printer Epson yang diproduksi dengan lebih baik, selain L3210 ini.

Demikian review printer Epson multifungsi L3210 ini. Semoga penjelasan diatas bisa membantu Anda dalam menentukan printer terbaik. Bukan itu saja, semoga dengan informasi mengenai printer Epson yang satu ini, bisa membantu Anda, yang masih ragu dengan printer terbaru keluaran Epson ini.

3 Comments

  1. Mufti

    Sama sekali nggak ada keunggulannya dibanding L3110 dilihat dari Spek di website resminya.
    Malah minus, dari konsumsi daya jelas lebih rendah Epson L3110

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *