Review Printer Multifungsi Canon G2020 dan Perbandingannya dengan Printer Epson L3210

Printer Epson L3210 VS Canon G2020

Sebagaimana diketahui, Canon dan juga Epson merupakan dua diantara beberapa brand printer terbaik yang ada di Indonesia, yang dikenal dengan beragam produk unggulannya. Termasuk diantaranya Canon G2020 dan juga Epson L3210. Banyak yang menyebutkan bahwa keduanya memiliki keunggulan yang hampir sama. Namun benarkah demikian? Untuk mengetahuinya, yuk simak review printer Canon G2020 dan perbandingannya dengan Epson L3210 dalam ulasan ini!

Karena meskipun menjadi dua diantara banyak brand printer dengan nama besar yang tidak diragukan lagi. Tak bisa dipungkiri, bahwa Canon dan Epson, secara tidak langsung menjadi pesaing yang bersaing secara profesional, dalam meluncurkan beragam produk-produk terbarunya. Tak terkecuali dengan Printer Canon G2020 dan juga Printer Epson L3210 ini.

Mengenal Lebih Jauh Printer Canon G2020 dan Perbandingannya dengan Epson L3210

Printer Canon G2020 yang juga dikenal dengan nama printer Canon Pixma multifungsi G2020 ini diluncurkan di awal tahun 2021 yang lalu. Merupakan printer terbaru yang diluncurkan Canon, sebagai pengganti dari pendahulunya, yaitu printer Canon G2010.

Dimana printer Canon 2020 ini bisa digunakan untuk melakukan pencetakan (print), penyalinan dokumen (copy), hingga pemindaian (scan). Bukan hanya itu saja, printer Canon yang satu ini juga dirancang secara khusus sebagai printer berbasis ink tank. Dalam arti, sebuah printer yang memiliki wadah tabung yang berada di bagian luar dari body printer, serta bisa menggunakan tinta dengan kapasitas besar.

Sama halnya dengan pinter Canon G2020. Printer Epson L3210 juga bisa digunakan sekaligus untuk proses print, copy dan juga scan. Dimana printer Epson yang satu ini merupakan printer terbaru yang menjadi pengganti dari Epson L3110, sebagai pendahulunya.

Meskipun mungkin menjadi printer modifikasi (upgrade) dari printer Epson sebelumnya yaitu Epson L3110. Namun pada printer Epson L3210. Ada beberapa fitur yang memang senagaja dipertahankan.  Hal ini dikarenakan, agar pengguna dari printer Epson yang sebelumnya menggunakan Epson L3110, tidak merasa canggung saat menggunakan printer Epson Multifungsi L3210 ini.

Dari segi fungsi dan beberapa spesifikasi yang dimilikinya, kiranya memang tak keliru jika banyak yang menyamakan printer Canon G2020 dengan Epson L3210 ini. Meskipun demikian, tentunya akan ada beberapa perbedaan mengenai keduanya, yang mungkin saja nantinya akan menjadi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut.

Maka dari itu, untuk mengenal lebih jauh printer Canon G2020 dan perbandingannya dengan Epson L3210 ini. Tentunya Anda perlu mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing printer ini. Maka dari itu, Anda perlu menyimak sedikit ulasan di bawah ini.

Canon G2020 dan Epson L3210, Manakah yang Akan Anda Pilih?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa sebelum Anda mulai menjatuhkan pilihan kepada salah satu printer multifungsi terbaik dari Canon dan Epson ini. Tentunya Anda perlu membandingkannya terlebih dahulu berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

Maka dari itu, untuk memudahkan Anda, yuk simak beberapa perbandingan antara Canon G2020 dan juga Epson L3210 ini. Diantaranya:

1. Jenis Wadah Tinta               

Printer dari Canon dengan kode G2020 ini merupakan salah satu printer dengan jenis ink tank. Dimana jenis printer yang satu ini memiliki wadah khusus yang disimpan di luar body printer, serta menawarkan proses pencetakan dalam kapasitas besar. Bukan hanya itu saja, posisi wadah/tangki tinta yang berada di luar body printer ini memang sebagaj dilakukan. Tujuannya tentu saja agar lebih memudahkan dalam proses pengisian tinta nantinya.

Sementara untuk printer Epson L3210, jenis printer yang satu ini merupakan salah satu printer yang berbasis eco tank. Dimana jenis printer eco tank diartikan sebagai printer yang menggunakan tangki sebagai wadah penyimpanan tinta. Sama halnya dengan printer dengan jenis ink tank.

Hanya saja untuk printer Epson eco tank ini, tinta yang ditawarkan terdiri dari berbagai warna. Misalnya terdiri dari 4 warna, yang menggabungkan teknologi printhead micro piezo Epson dan juga teknologi Epson heat-free technology.

2. Resolusi Pencetakan                                           

Pada printer multifungsi Canon G2020, proses pencetakan bisa dilakukan dengan resolusi sekitar 4800 x 1200 dpi. Sementara jika Anda menggunakan printer multifungsi dari Epson L3210 ini, resolusi yang ditawarkan yaitu sekitar 5760 x 1440 dpi.

3. Kualitas Pencetakan

Karena menggunakan resolusi tinggi, bahkan bisa dikatakan lebih tinggi dari yang ditawarkan oleh printer Canon G2020. Maka hasil pencetakan yang dihasilkan oleh printer Epson L3210 ini bisa dibilang lebih jernih, dengan warna tampilan yang lebih tajam. Sehingga sangat cocok dalam pencetakan gambar berbentuk foto.

Meskipun bukan berarti, printer Canon G2020 tidak bisa digunakan untuk pencetakan untuk gambar berupa foto dengan menggunakan kertas foto. Namun beberapa fotografer memang banyak yang lebih memilih printer Epson L3210, dibandingkan dengan printer Canon G2020. Khususnya dalam pencetakan foto.

4. Kapasitas Pencetakan

Untuk mengetahui kelebihan masing-masing dari printer Canon G2020 dan perbandingannnya dengan Epson L3210, bisa Anda ukur dari kapasitas pencetakan yang dihasilkan. Dimana saat Anda menggunakan printer Epson L3210, kapasitas pencetakan yang dihasilkan yaitu sekitar 4500 halaman, jika menggunakan tinta berwarna hitam, dan 7.500 halaman, jika menggunakan tinta berwarna (warna merah, kuning dan biru).

Sedangkan jika Anda menggunakan printer multifungsi dari Canon G2020 ini. Maka proses pencetakan yang dilakukan bisa menghasilkan sekitar 7600 halaman, jika menggunakan tinta hitam. Serta 7.700 halaman jika Anda melakukan proses pencetakan dengan menggunakan tinta berwarna.

5. Penggunaan

Seperti yang telah disinggung di poin 3 sebelumnya, yang menyebutkan bahwa dikarenakan resolusi yang ditawarkan oleh printer Epson L3210 cenderung lebih tinggi. Maka hal tersebut membuat kualitas pencetakan berupa gambar foto, bisa ditampilkan dengan kualitas lebih jernih serta warna yang tajam.

Dengan alasan itu pula, maka printer Epson L3210 sangat cocok bagi para fotografer, dan pelaku bisnis yang membuka usaha percetakan, yang memang sebagian besar waktunya dilakukan untuk melakukan pencetakan foto dan gambar sablon.

Sementara printer Canon G2020 lebih cocok digunakan untuk tujuan bisnis dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan administrasi perkantoran. Dimana dalam bidang bisnis dan perkantoran ini, akan ada banyak proses pencetakan dokumen yang dilakukan. Dimana hal tersebut membutuhkan proses pencetakan dengan hasil pencetakan dalam jumlah besar. Layaknya yang ditawarkan oleh printer Canon G2020 ini.

6. Kecepatan Pencetakan

Berbicara mengenai kecepatan pencetakan yang dilakukan. Printer Canon G2020 dan perbandingannya dengan Epson L3210, masing-masing printer tentunya memiliki kecepatan yang tidak mungkin diragukan lagi.

Meskipun demikian, tetap saja ada sedikit perbedaan mengenai kecepatan pencetakan dari kedua brand printer terbaik di Indonesia ini. Dimana kecepatan pencetakan yang ditawarkan oleh printer Canon G2020 ini yaitu sekitar 9,1 ipm untuk warna hitam, dan sekitar 5,0ipm untuk pencetakan berwarna.

Sementara kecepatan pencetakan yang ditawarkan oleh printer Epson L3210 bisa mencapai hingga 10ipm, untuk pencetakan dengan warna hitam. Serta 5.0ipm, jika Anda melakukan pencetakan dengan tinta berwarna.

7. Harga

Pada umumnya, harga dari printer multifungsi Canon G2020 jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan printer multifungsi dari Epson dengan kode L3210 ini. Dimana harga dari printer Canon G2020 saat ini ditawarkan dalam kisaran antara Rp 2.200.000,- hingga Rp 2.300,000,-. Sementara untuk printer Epson L3210, harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp 2.400.000,- hingga Rp 2.600.000,-

8. Daya Tahan

Jika dilihat dari segi tahan, printer Canon G2020 jelas lebih awet, jika dibandingkan dengan printer Epson L3210. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena sejauh ini, sangat jarang ditemukan beberapa komponen dari printer andalan dari Canon ini yang mengalami kerusakan. Baik itu kerusakan yang terjadi pada komponen berupa mainboard, rollpaper, maupun komponen-komponen lainnya, yang ada pada printer yang dikenal juga dengan printer Canon Pixma G2020 ini.

9. Proses Pengisian Tinta

Cara melihat kelebihan dan kekurangan dari printer Canon G2020 dan perbandingannnya dengan Epson L3210 ini juga bisa dilihat dari proses pengisian tinta. Dimana untuk printer Canon G2020, proses pengisian tinta ini sudah menggunakan teknologi kartridge, yang memungkinkan pengisian tinta bisa dilakukan dengan menggunakan infus.

Sementara untuk printer Epson L3210, proses pengisian tintanya masih menggunakan proses pengisian manual, yang bisa dilakukan pada 4 botol tinta sekaligus. Dimana semua botol penyimpanan tinta tersebut berada di dalam body printer.

10. Penggunaan Tinta

Bisa dikatakan, bahwa penggunaan tinta yang dibutuhkan oleh printer Epson L3210 dalam melakukan proses pencetakan ini dirasa cukup boros. Jika dibandingkan dengan penggunaan tinta yang dibutuhkan oleh printer Canon G2020 selama proses pencetakan berlangsung.

Belum lagi, jika Anda menggunakan printer Epson L3210 dan hendak membersihkannya. Maka  Anda diharuskan untuk membuat sebuah pembuangan limbah tinta. Tujuannya tak lain agar komponen di dalam tinta tidak mengalami kerusakan.

11. Tinta yang Digunakan

Pada umumnya, tinta yang digunakan pada printer Canon G2020 yaitu tinta dengan kode GI-71 PGBK, untuk tinta warna hitam, serta tinta dengan kode G-71 cyan, untuk tinta dengan warna-warna seperti magenta dan juga kuning.

Sedangkan untuk printer Epson L3210, Anda perlu menggunakan tinta khusus yang memang dirancang untuk penggunaan pada printer andalan dari Epson ini. Dimana jenis tinta yang dimaksud yaitu tinta dengan kode Epson 003 black, dan juga Epson 003 cyan.

12. Berat

Bisa dikatakan, bahwa printer Epson L3210 umumnya jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu printer Canon G2020. Dimana berat dari printer Epson L3210 ini hanya sekitr 3,9kg saja. Sementara untuk printer Canon G2020, berat yang dimiliki yaitu sekitar 6-9kg.

 

Itu dia review printer Canon G2020 dan perbandingannya dengan Epson L3210. Menurut Anda, manakah yang akan Anda pilih? Apapun pilihan Anda, kedua printer tersebut memang memiliki keunggulan masing-masing.

Namun jika Anda membutuhkan printer dengan harga yang murah serta yang bisa digunakan untuk melakukan pencetakan dokumen dalam jumlah banyak. Tentunya printer Canon G2020 bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda membutuhkan printer untuk pencetakan gambar foto dan sablon, maka Anda bisa memilih printer Epson L3210.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *